4 Fungsi Bisnis Perusahaan Jasa #BusinessPractice4#PerguruanTinggiASIAMalang#
Fungsi Bisnis @Radar Malang
Oleh: Kurniawan Muhammad
Jawa Pos Biro Malang ada sejak tahun 1980-an, pada tahun 1999 menjelang diberlakukannya otonomi daerah di Indonesia, Jawa Pos membuat 7 radar di Jawa Timur sebagai pelopor Koran daerah.,dimana 7 radar tersebut adalah Malang, Kediri, Jember, Bromo, Madiun, Bali, Madura. Sekarang menjadi 12 yaitu Banyuwangi, Surabaya, Tulungagung, Mojokerto, dan Jombang.
Divisi Radar Malang
- Redaksi
• Membawa misi idealis
• Pemimpin Redaksi
- Iklan
• Membawa misi bisnis
• Manajer Iklan
- Koran, Event dan Pengembangan Bisnis
• Manajer
- Keuangan
- HRD dan Umum
Bisnis Koran itu Khas karena satu sisi produknya bisa dianggap sebagai barang,disisi lain produknya juga bisa dianggap sebagai jasa(Iklan),Jam kerjanya yang khas(Divisi Redaksi). Koran secara Ideology mempunyai 2 sisi yang berbeda yaitu Idealis(News) dan Bisnis(Iklan),dimana news dan iklan mempunyai keinginan dan kepentingan yang berbeda-beda. Dua kepentingan ini harus “kawin” . Porsi untuk kepentingan Idealis harus lebih besar dari porsi untuk kepentingan bisnis. Mengapa harus ada kepentingan bisnis? Karena koran adalah media industry, dan termasuk dalam entitas bisnis.
Tantangan Bisnis Koran:
1. Gempuran Online, Media Sosial dan media elektronik.
2. Life Style yang berubah
• Orang semakin suka dengan hal-hal yang praktis
• Mempengaruhi pola orang memasang iklan
3. Perubahan demografis
• Angka usia muda trennya selalu meningkat.
• Sehingga koran ditantang untuk selalu bisa menyesuaikan dengan keinginan pembaca yang semakin muda.
5 Unsur Strategi Marketing Radar Malang:
1. Penentuan Pasar
o Penentuan STP (segmentation, Targeting, Positioning)
- Segmentasi prioritas:
- Menengah (kelas B), menengah ke atas (AB), dan atas (A).
- Young People
- Women
- Netizen
- Young Family
- Segmentation adalah bidikan. Targeting adalah destinasi. Positioning adalah kemapanan dalam posisinya yang kokoh dan semakin kuat.
2. Perencanaan Produk
• Peduli Packaging
• Packaging harus selalu menarik, dinamis, memudahkan pembaca dan kreatif
• Packaging di sini adalah terkait dengan penampilan atau pewajahan media cetak. Salah satu yang memegang peranan penting adalah lay out.
3. Manajemen Harga
• Ada harga psikologis yang harus dijaga
• Harus benar-benar cermat dalam merumuskan harga koran
• Di dalam harga koran, ada margin yang harus dibagi dengan agen.
4. Distribusi
• Jalur koran masih konvensional
• Percetakan à Ekspedisi à Agen à Sub Agen à Striker à Pembaca/Pelanggan/Pembeli
• Karena sangat mengandalkan agen, sub agen dan striker, maka harus benar-benar bisa me-maintenance mereka dengan baik.
5. Promosi dan Komunikasi
a. Promotion by Product
• Bisa meyakinkan dan membuktikan kepada pelanggan, pembeli, pembaca, public bahwa:
• Produk kita berbeda
• Produk kita nomor satu
• Produk kita berpengaruh
b. Promotion by customer satisfaction
• Promosi dengan target kepuasan pelanggan
• Tidak menjual iklan/koran secara langsung, tapi menjual ide/konsep sesuai kebutuhan klien.
Komentar
Posting Komentar