4 Fungsi Bisnis Perusahaan Jasa #BusinessPractice4#PerguruanTinggiASIAMalang#

Fungsi Bisnis @Radar Malang
Oleh: Kurniawan Muhammad


Jawa Pos Biro Malang ada sejak tahun 1980-an, pada tahun 1999 menjelang diberlakukannya otonomi daerah di Indonesia, Jawa Pos membuat 7 radar di Jawa Timur sebagai pelopor Koran daerah.,dimana 7 radar tersebut adalah Malang, Kediri, Jember, Bromo, Madiun, Bali, Madura. Sekarang menjadi 12 yaitu Banyuwangi, Surabaya, Tulungagung, Mojokerto, dan Jombang.
Divisi Radar Malang
  1. Redaksi
      Membawa misi idealis
      Pemimpin Redaksi
  1. Iklan
      Membawa misi bisnis
      Manajer Iklan
  1. Koran, Event dan Pengembangan Bisnis
      Manajer
  1. Keuangan
  2. HRD dan Umum
Bisnis Koran itu Khas karena satu sisi produknya bisa dianggap sebagai barang,disisi lain produknya juga bisa dianggap sebagai jasa(Iklan),Jam kerjanya yang khas(Divisi Redaksi). Koran secara Ideology mempunyai 2 sisi yang berbeda yaitu Idealis(News) dan Bisnis(Iklan),dimana news dan iklan mempunyai keinginan dan kepentingan yang berbeda-beda. Dua kepentingan ini harus “kawin” . Porsi untuk kepentingan Idealis harus lebih besar dari porsi untuk kepentingan bisnis. Mengapa harus ada kepentingan bisnis? Karena koran adalah media industry, dan termasuk dalam entitas bisnis.
Tantangan Bisnis Koran:
1. Gempuran Online, Media Sosial dan media elektronik.
2. Life Style yang berubah
      Orang semakin suka dengan hal-hal yang praktis
      Mempengaruhi pola orang memasang iklan
3. Perubahan demografis
      Angka usia muda trennya selalu meningkat.
      Sehingga koran ditantang untuk selalu bisa menyesuaikan dengan keinginan pembaca yang semakin muda. 
5        Unsur Strategi Marketing Radar Malang:
1.      Penentuan Pasar
o   Penentuan STP (segmentation, Targeting, Positioning)
  • Segmentasi prioritas:
  • Menengah (kelas B), menengah ke atas (AB), dan atas (A).
  • Young People
  • Women
  • Netizen
  • Young Family
  • Segmentation adalah bidikan. Targeting adalah destinasi. Positioning adalah kemapanan dalam posisinya yang kokoh dan semakin kuat.
2.      Perencanaan Produk
      Peduli Packaging
      Packaging harus selalu menarik, dinamis, memudahkan pembaca dan kreatif
      Packaging di sini adalah terkait dengan penampilan atau pewajahan media cetak. Salah satu yang memegang peranan penting adalah lay out.
3.       Manajemen Harga
      Ada harga psikologis yang harus dijaga
      Harus benar-benar cermat dalam merumuskan harga koran
      Di dalam harga koran, ada margin yang harus dibagi dengan agen.
4.       Distribusi
      Jalur koran masih konvensional
      Percetakan à Ekspedisi à Agen à Sub Agen à Striker à Pembaca/Pelanggan/Pembeli
      Karena sangat mengandalkan agen, sub agen dan striker, maka harus benar-benar bisa me-maintenance mereka dengan baik.
5.      Promosi dan Komunikasi
a. Promotion by Product
      Bisa meyakinkan dan membuktikan kepada pelanggan, pembeli, pembaca, public bahwa:
      Produk kita berbeda
      Produk kita nomor satu
      Produk kita berpengaruh
b. Promotion by customer satisfaction
      Promosi dengan target kepuasan pelanggan
      Tidak  menjual iklan/koran secara langsung, tapi menjual ide/konsep sesuai kebutuhan klien.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Fungsi Bisnis Pada Taman Safari Prigen Pasuruan #PertiASIA#BP4#